JHF Jazz Version, Sebuah Proses Kolaborasi yang Mengundang Adrenalin

PRAMBANANJAZZ2019 – Jogja Hip Hop Foundation (JHF), merupakan salah satu penampil dalam gelaran Prambanan Jazz Festival 2019 hari pertama, Jumat (5/7/2019) di Hanoman Stage. Grup musik Hip Hop asal Kota Gudeg yang berdiri pada tahun 2003 silam tersebut memberikan sajian yang berbeda dalam festival yang dipromotori oleh Rajawali Indonesia dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ini, di mana mereka menyuguhkan karya-karyanya dalam bentuk musik jazz.

Marzuki, salah satu personil JHF menuturkan, penampilan mereka di Prambanan Jazz Festival kali ini dilabeli dengan sebutan JHF Jazz Version. Zuki mengakui bahwa hal ini merupakan pengalaman perdana dan menarik bagi grup musiknya. Selain itu, dalam penampilan mereka dalam salah satu festival musik terbesar di Indonesia ini melibatkan beberapa musisi jazz Yogyakarta.

“Ini adalah pertama kalinya bagi kami manggung dengan melibatkan teman-teman jazz dari Yogyakarta. Kalau manggung di acara jazz tapi nggak ngejazz ya malu lah. Kalau berkolaborasi dengan teman-teman musisi orkestra udah pernah, dengan gamelan juga sudah sering, dan kali ini dengan jazz,” tutur Marzuki.

Diakui oleh seluruh personil JHF, membawakan karya-karya mereka dalam bentuk musik jazz memiliki tantangan tersendiri. Bahkan, saat bisa mendapat kesempatan untuk membawakan dalam versi tersebut, mereka merasakan adrenalin berbeda yang tidak pernah JHF rasakan di panggung-panggung lainnya.

“Adrenalinnya beda banget, nggak seperti biasanya. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari latihan selama seminggu, mencoba nada-nada yang enak antara band dan kita (JHF). Karena biasanya ya kita bahkan nggak pakai nada sama sekali saat manggung. Dan ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan,” papar Marzuki.

Ia berharap melalui proses kolaborasi yang dilakukan dengan para musisi jazz Yogyakarta bersama grup musiknya, akan memberi suatu hal yang luar biasa kepada para penonton yang menyaksikan penampilan mereka, pun kepada musisi lainnya. Hal itu pun tentunya ia harapkan pada Prambanan Jazz Festival, di mana proses kolaborasi antara mahakarya musik dan mahakarya Candi Prambanan sebagai World Heritage bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Selain Jogja Hip Hop Foundation Jazz Version, di hari pertama penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2019 ada sederet nama besar lainnya yang tak luput ditampilkan kepada ribuan penonton. Seperti PJF Project, Hanin Dhiya, Sisitipsi, Alex Mercado, Galabby, Ardhito Pramono, Tashoora, Calvin Jeremy, Danilla, GAC dan penyanyi asal Inggris, Calum Scott. (*)

Unduh versi PDF dari artikel ini di sini