Komposer YANNI dan Artis Dunia Akan Tampil di Prambanan Jazz Festival 2019

Yogyakarta, 15 Maret 2019 – Prambanan Jazz Festival merupakan gelaran festival musik tahunan berskala internasional yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015. Festival musik yang digagas oleh Promotor Rajawali Indonesia ini sejak awal selalu menyuguhkan sebuah kolaborasi antara dua mahakarya, yakni mahakarya musik dan mahakarya Candi Prambanan.

Pada penyelenggaraannya yang pertama beberapa tahun lalu, Prambanan Jazz Festival langsung memboyong pemain saksofon legendaris asal Amerika Serikat, Kenny G, yang berhasil memukau ribuan penonton dengan karya-karyanya yang spektakuler. Sejak saat itu pula, mimpi besar serta kerja keras dari anak-anak bangsa Indonesia ini pun terus terwujud dan mimpi itu secara konsisten terus dibawa pada setiap tahun penyelenggaraan. Selain Kenny G, beberapa musisi international yang pernah tampil diantaranya Shakatak, Boyz II Men, Rick Price, Sarah Brightman, Boyzone, Diana Krall dan masih banyak lagi sederet nama lainnya.

Di tahun ini Prambanan Jazz akan memasuki edisi yang kelima, dan kali ini Prambanan Jazz Festival akan dipromotori oleh Rajawali Indonesia dan TWC (PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko). CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi memaparkan, pada tahun ini Prambanan Jazz Festival akan digelar pada tanggal 5, 6 dan 7 Juli 2019, gelaran ini akan memberikan banyak kejutan istimewa kepada para pecinta musik di Indonesia maupun dari mancanegara.

Salah satunya adalah dengan adanya “Panggung Millenial” yang secara khusus akan menampilkan musisi-musisi millennial terkini. Anas mengatakan, hal tersebut coba kita wujudkan pada tahun ini dengan tujuan memberikan sesuatu yang spesial kepada generasi millenial. Para generasi muda ini diharapkan bisa mendapatkan kesan berbeda kala menikmati kemegahan Candi Prambanan, yang dipresentasikan secara bersamaan dengan alunan musik yang dimainkan oleh para musisi yang mewakili generasinya.

“Ini adalah momen yang sangat istimewa bagi para generasi millenial. Selain bisa menikmati keindahan Candi Prambanan, mereka bisa hangout di area festival sambil menikmati musik dari para musisi yang mewakili generasinya. Panggung Millenial sendiri akan digelar pada hari pertama penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2019,” tutur Anas.

Para musisi yang siap menyuguhkan penampilan terbaiknya di Panggung Millenial ini adalah artis internasional Calum Scott dengan lagu hitsnya “You Are the Reason” yang merajai Billboard Chart di seluruh dunia. Dan artis Indonesia di antaranya ada Tashoora, GAC, Sisitipsi, Galabby, Danilla Riyadi, Calvin Jeremy, Ardhito Pramono, Hanin Dhiya, Sisitipsi. Kata Anas, Panggung Millenial sendiri akan digelar di panggung Hanoman dan bisa disaksikan sejak sore hari hingga tengah malam. Seperti perhelatan tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz kali ini tetap menggunakan dua panggung, yaitu Rorojonggrang Stage untuk special show, dan Hanoman Stage untuk festival show.

Direktur Utama PT. Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Edy Setijono melanjutkan, selain dengan banyaknya musisi hebat di Panggung Millenial, ada sederet nama besar yang akan menyihir para pecinta musik di Indonesia maupun mancanegara yang pada tahun ini akan hadir dalam gelaran ini. Beberapa nama besar tersebut adalah Yanni, Brian McKnight, Anggun dan masih banyak lagi.

“Khusus Yanni, ini sangat spesial karena Yanni adalah musisi yang identik sering menggelar konsernya di situs-situs bersejarah dunia. Diantaranya pernah menggelar konser di Forbidden City China, Piramida Mesir, Toji Temple Japan, Coloseum dll. Tahun ini untuk pertama kalinya di Indonesia Yanni akan menggelar konser di Candi Prambanan, bangunan situs peninggalan sejarah dari abad ke 9. Yanni akan membawakan kembali karya-karyanya yang ada dalam album “Live at The Acropolis” sebagai bagian dari 25 tahun konser Yanni di Acropolis. Ini adalah suatu hal yang sangat istimewa sekali, Anda belum tentu akan menjumpai peristiwa kebudayaan ini 10 atau 20 tahun lagi” jelas Edy.

Beberapa artis Indonesia yang akan tampil diantaranya, Yura Yunita, Jogja Hip Hop Foundation Jazz Version, Maliq D’Essentials, Rida Sita Dewi, Saxx In The City, Pusakata, , Yovie & His Friends (Mario Ginanjar, Dudy Oris, Arsy Widianto, Brisia Jodie, 5 Romeo), Andien, Glenn Fredly, Tulus, Bali Lounge (Tompi, Lewis Pragasam, Rick Smith, Hari Toledo & Yongki), Ari Lasso.

Edy Setijono juga menuturkan sebagai bagian dari diplomasi budaya melalui media musik akan tampil Alex Mercado pada hari pertama, dia merupakan seorang pianis kelahiran Mexico, yang akan tampil di panggung festival sebagai bentuk dukungan dari kedutaan Mexico dalam perhelatan Prambanan Jazz tahun ini.

Keterlibatan Banyak Pihak

Edy Setijono mengatakan, Prambanan Jazz tahun ini akan menggandeng beberapa pihak untuk ikut serta bersinergi menciptakan berbagai kerjasama inovasi yang nantinya akan memberikan efek meningkatnya kunjungan wisata didaerah Yogyakarta, Jawa Tengah & sekitarnya. Hal ini merupakan komitmen TWC dalam upaya menghadirkan BUMN untuk negeri melalui pengembangan bisnis pariwisatanya.

Bakkar Wibowo, Creative Director Prambanan Jazz 2019 menyampaikan gelaran tahun ini akan mengusung tema Music, Heritage, Extraordinary. Prambanan Jazz kali ini akan dijadikan sebuah momentum untuk memperkenalkan lebih luas kepada dunia internasional tentang karya anak bangsa yaitu candi Prambanan melalui media musik terbaik dan berkelas internasional.

Tahun ini Prambanan Jazz juga akan menampilkan commission artist Agan Harahap, seorang seniman foto yang sempat mengguncang publik Indonesia dan dunia melalui karya-karyanya yang unik. “Jadi nanti Agan Harahap akan membuat beberapa karyanya dengan merespon line up artis yang akan tampil melalui media seni, yang nantinya akan kita tampilkan di dalam area venue penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival. Akan banyak konsep menarik yang ditawarkan oleh Agan di sana. Dan kami berharap hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri.” Selain Commision Artist Prambanan Jazz tahun ini juga akan menggandeng Heri Pemad Art Management dan Ong Hari Wahyu dalam pembuatan visual artistik untuk gate, stage, dll, lanjut Bakkar Wibowo.

Sementara itu Project Director Prambanan Jazz Festival 2019, Palwoto menambahkan pada tahun ini pihak penyelenggara akan tetap menampilkan Pasar Kangen sebagai upaya memberikan ruang bagi ekonomi lokal untuk ikut terlibat dalam penyelenggaraan Prambanan Jazz ini melalui sajian kuliner lawasan dan masa kini yang siap menggoyang lidah bagi siapapun yang kelaparan.

Dedi Suherman Direktur Utama PT Melon Indonesia by Telkom menyampaikan, seluruh tiket akan dikelola oleh PT. Melon melalui kanal-kanal penjualan tiket online, diantaranya Tiket Apa Saja, Tiket.com, Traveloka, Kiostix, Raja Karcis, Go-Tix dan Blanja.com. Harga tiket tersebut adalah sebagai berikut: Daily Pass Rp.250.000/hari & Three Days Pass atau Tiket Terusan selama tiga hari Rp.600.000,- (exclude special show). Hari Pertama: Daily Pass Rp.250.000,- (all festival show). Hari Kedua: Diamond Rp.6.000.000,-; Platinum Rp.3.000.000,-; Gold Rp.2.000.000,-; Silver Rp.1.000.000,-. Hari Ketiga: Diamond Rp.3.500.000,-; Platinum Rp.2.500.000,-; Gold Rp.1.500.000,-; Silver Rp.750.000,- Tiket special show sudah termasuk tiket masuk Candi Prambanan dan Festival show.

Informasi terbaru seputar Prambanan Jazz 2018 dapat diikuti melalui official account Instagram, Twitter dan Facebook @PrambananJazz dengan tagar #PrambananJazz2019 atau juga melalui hotline 082226664343.

Salam,
Prambanan Jazz #5 | 2019
Email: prambananjazz@gmail.com

Narasumber:

  • Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko – Edy Setijono
  • CEO Rajawali Indonesia – Anas Syahrul Alimi
  • Project Director Prambanan Jazz Festival 2019 – Palwoto
  • Creative Director Prambanan Jazz Festival 2019 – Bakkar Wibowo
  • Direktur Utama PT Melon Indonesia by Telkom Indonesia – Dedy Suherman

LINE UP ARTIS PRAMBANAN JAZZ #5 | 2019

DAY 1
Jumat, 5 Juli 2019

FESTIVAL SHOW:
  • Calum Scott
  • Tashoora
  • GAC
  • Ardhito Pramono
  • Galabby
  • Danilla Riyadi
  • Sisitipsi
  • Hanin Dhiya
  • Calvin Jeremy
  • Alex Mercado
  • Jogja Hip Hop Foundation Jazz Version - PJF Project
Note :Day 1 Festival Show Only

DAY 2
Sabtu, 6 Juli 2019

SPECIAL SHOW:
  • YANNI
FESTIVAL SHOW:
  • Astrid Sulaiman “Straight and Stretch”
  • Langit Sore
  • Maliq & D'Essentials
  • Rida Sita Dewi
  • Yura Yunita
  • Saxx In the City
  • Pusakata
  • Yovie & His Friends (Mario Ginanjar, Dudy Oris, Arsy Widianto, Brisia Jodie, 5 Romeo)

DAY 3
Minggu, 7 Juli 2019

SPECIAL SHOW:
  • The Brian McKnight 4
  • Anggun
FESTIVAL SHOW:
  • Andien
  • Glenn Fredly
  • Tulus
  • Bali Longue (Tompi, Lewis Pragasam, Rick Smith, Hari Toledo, Yongki) Ari Lasso
  • PJF Project
Unduh versi PDF dari artikel ini di sini