Musik, Media Pemersatu Perbedaan

PRAMBANANJAZZ2019 – Selain dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia pun tersohor sebagai negeri yang menjaga keuntuhan di tengah keberagaman yang ada di dalamnya. Beragam suku, agama dan latarbelakang yang ada di tengah masyarakat indonesia, tak mampu memisahkan persatuan yang telah terwujud sejak lama.

Ada banyak hal yang membuat persatuan di Negeri Burung Garuda tetap terjaga sampai saat ini. Salah satunya adalah melalui media musik. Bahkan, ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa musik merupakan sebuah media pemersatu dari berbagai perbedaan yang ada di tengah masyarakat.

Dan hal itu pun diamini oleh Hanin Dhiya, seorang solois muda berbakat asal Indonesia yang menjadi salah satu penampil dalam gelaran Prambanan Jazz Festival 2019 hari pertama, Jumat (5/7/2019) di Hanoman Stage. Kata penyanyi jebolan sebuah ajang pencarian bakat ini, musik merupakan bahasa universal yang membuat segala pemahaman maupun bahasa yang beragam di tengah masyarakat tak lagi menjadi sebuah pembeda.

“Musik itu universal, di mana sebuah pemahaman yang tadinya tidak dipahami satu sama lain menjadi bisa dipahami, menjadikan yang berbeda menjadi satu kesatuan. Pengalaman real yang aku pernah alami adalah ketika aku SMK musik dulu. Di sana kami bermain musik klasik dan kita harus baca partitur, yang mana partitur yang kita mainkan itu berbeda-beda, belum lagi instrumen yang kita mainkan pun berbeda. Namun dari perbedaan partitur dan alat musik yang kita mainkan tetap memainkan lagu yang sama. Itu salah satu bukti nyata bahwa musik adalah bahasa pemersatu dari sebuah perbedaan,” jelas penyanyi kelahiran 21 Februari 2001 silam tersebut.

Hal serupa pun diutarakan oleh Galabby, di mana ia setuju bahwa musik adalah bahasa pemersatu dari sebuah perbedaan. Kata istri dari Dimas Danang ini, bahkan hal tersebut bisa ia saksikan secara langsung di tengah penonton Prambanan Jazz festival 2019.

“Mungkin semua orang yang datang ke sini nggak semuanya penggemar musik jazz, tapi di sini aku bisa melihat sendiri bahwa mereka bisa menikmati semua hal yang disajikan di sini. Seneng banget aku bisa ada di sini dan bisa terlibat menjadi salah satu bagian di Prambanan Jazz Festival 2019,” ungkap Galabby. (*)

Unduh versi PDF dari artikel ini di sini